12 Mei 2014

Ngantuk waktu kuliah? Ini Solusinya..



Hooaaaam…..

Ngantuk Pak Haji??? Hehehehe…

Halooow Dreamers, lama ni gak muncul di blog. Kali ini tulisanku berkaitan dengan mata, yaitu “Ngantuk”, dulu pernah juga aku bahas tentang “Ngantuk”, judulnya kalau gak salah Rasa Kantuk Yang Bikin Ngantuk, mungkin karena dari seringnya aku ngantuk jadi tulisanku tentang “Ngantuk” lumayan banyak (2 artikel, banyaklah ketimbang 1, hehehe). Oke langsung saja kita mulai pembahasan “Ngantuk” kali ini.

Ngantuk, kantuk, mengantuk, artinya sama, sama-sama punya arti pengen tidur. Dreamers pasti pernah mengalaminya ‘kan? Bukan Cuma pernah, tapi sering, betul? Betul? Betul? Pasti betul :D (maksa banget yak, hohoho).

Ngantuk memang sudah lumrah terjadi pada manusia pada umumnya, tapi kadang si “ngantuk” ini datang di waktu yang tidak tepat, seperti, ngantuk waktu jam pelajaran, ngantuk waktu rapat, ngantuk waktu kuliah, ngantuk waktu seminar, ngantuk waktu mandi, ngantuk waktu ngantuk (Nah loh??? Hahaha.)

Dari semua macam ngantuk yang sering mendatangiku di waktu yang tidak tepat adalah ngantuk waktu kuliah (hehehe, bagi senasib ayo angkat kaki.. :D). Nah, ngantuk waktu kuliah ini sebenarnya adalah boomerang bagi kita sendiri Dreamers. Kenapa bisa begitu? Gini, waktu dosen mengajar dengan penuh semangat mengalahkan semangat pejuang 45 dengan puluhan slide yang siap menghipnotis para pendengarnya, tiba-tiba si “ngantuk” datang ngetok-ngetok mata sambil mengucapkan mantra ajaibnya

“bimsalabim jadi apa, prok prok prok.”
(#Mantra ini hanya ilusi semata, bila ada kesamaan kata-kata dan lain sebagainya, mohon maaf sebesar-besarnya, minal aidzin wal fa idin, mohon maaf lahir dan batin, Nah loh? Ngaco tu akhirnya, hahaha.)

Maka, setelah mantra itu di ucapkan, mata mulai redup-redup, dan sekalinya redup gak kerasa kalau kuliah udah selesai, akhirnya hari itu 3 sks terbuang sia-sia dan berakhir dengan satu kata, “Ngantuk” tanpa mendapat pengetahuan apa-apa (ceiiileeeeeh, sok rajin, coba kalau gak ada dosen, senengnya minta ampun. hahahaha).

Intinya tuh Dreamers, kita gak dapet pengetahuan baru karena ngantuk, belum lagi di tambah sama ketawanya temen-temen yang mengarah ke kita waktu kita ketahuan merem kelamaan (bahasa lainnya tidur), sip dah, boomerang yang mantab. Hahahaha.

Dari kejadian-kejadian di atas, pastinya Dreamers pengen tahu solusinya ‘kan? Pengen tahu cara mengatasi ngantuk waktu kuliah ala Nivi Elsandy?? :D yok tengok ke bawah ini.

Ada 2 cara nih Dreamers, cara yang pertama yaitu “Cara Gila Mengatasi Ngantuk Waktu Kuliah” dan cara yang kedua yaitu “Cara Benar Mengatasi Ngantuk Waktu Kuliah”. Cara gila dan cara benar ini ada relasinya loh Dreamers, tapi sebelum kita tahu relasinya, yok mari kita simak dulu apa saja yang termasuk cara gila dan apa saja yang termasuk cara benar.

Oke, capcus…

Cara Gila Mengatasi Ngantuk Waktu Kuliah :

1.     Main S O S. Ajak teman sebelah kalian, jika tidak mau, paksa, ancam, dan pelototin. Hahaha.

2.      Bergosip. Ajak lagi si teman sebelah. Lain dengan cara yang di atas yang terkesan pemaksaan, kali ini Dreamers harus berusaha mencari topik semenarik mungkin agar si teman bisa tertarik. Hohohoho.

3.      Main A B C ada berapa. Cara ini sama seperti cara yang pertama tadi dalam hal mengajak teman, hehehe. Tapi jika si teman juga dalam kondisi yang sama, “ngantuk”, maka kalian tidak usah susah payah memaksa. Mereka bakal terhanyut dengan sendirinya. Hahahaha.

4.      Main gambar-gambaran. Ini adalah solusi apabila teman sebelah tidak ada yang bisa diajak, dipaksa, apalagi diancam, atau dengan kata lain iman si teman sebelah itu kuat, pasti waktu berangkat kuliah dia ambil wudhu, ambilnya 3 kali lagi, jadi pertahanannya berlapis. Hehehe :D  

5.      Nulis cerita, artikel, prosa, puisi, pantun dll. Nah yang ini “GUE” bingiiit :D. hahahaha. Artikel ini aja (Artikel Ngantuk waktu kuliah?Ini Solusinya) aku tulis waktu kuliah hari senin pukul setengah 10 (Tepatnya tuh tadi pagi :D hohohoho), karena ngantuk berat, beratnya seberat badanku (hahaha, iya tahu kalau lebay -_- ), jadi nulis artikel ini adalah solusinya. Ngantuknya bukan karena dosennya kok, dosennya oke banget, cara ngajarnya keren, pelajarannya mantab, gak membosankan (NRP 110411100009, Pak. A ya, Pak, ‘kan udah muji.. hehehehe).Tapi ini memang udah kebiasaanku ngantuk di sembarang tempat. Hahaha.

Untuk cara gila di atas saran tambahannya adalah jangan sampai membuat suara gaduh yang berlebihan, jika kalian menang dalam permainan SOS atau ABC kalian harus tetap tenang, kendalikan kegembiraan kalian dengan mengecilkan volume suara. Hehehe.

Nah setelah panjang lebar dengan penjelasan cara gila, sekarang kita pindahkan haluan pada cara benar. Hehehe. Berikut adalah cara benar :

1.      Berdoa kuliah dimulai. Berdoalah agar terhindar dari godaan setan yang membuat kita ngantuk di tengah-tengah jam perkuliahan. Kenapa setan? Yaiyalah pasti setan, waktu pertengahan kuliah ngantuknya luar biasa, kalau kuliahnya selesai tiba-tiba ngantuknya hilang begitu saja, seger mendadak, kita kayak di permainkan gitu, kerjaannya siapa hayo kalau kayak gitu? Pasti setan, ngerjain manusia, mempermainkan manusia.

2.      Semalam sebelumnya pelajari materi yang bakal dipelajari di hari H perkuliahan. Kemudian tulis beberapa hal yang belum di mengerti untuk di tanyakan besoknya pada dosen. Dengan begitu kita punya bahan untuk membuka pembicaraan dengan bertanya pada dosen. Dengan begitu rasa bosan akan hilang dan kantuk pun minggat, karena berbicara dapat mengurangi rasa kantuk daripada berbicara tidak jelas, mending berbicara berdiskusi materi dengan dosen dengan begitu kita dapat memahami materi lebih baik lagi. Apabila materi telah di pahami dan di mengerti maka otomatis kita akan menyukai perkuliahan tersebut, jika kita menyukai perkuliahan tersebut maka otomatis kita akan peduli dan mendengarkan tentang materi yang sedang disampaikan, karena kita peduli dan mendengarkan maka otomatis rasa kantuk akan pergi dengan sendirinya karena merasa dicuekin (Hehehe, kebanyakan “otomatis”nya yak? Hohoho.)

3.      Berolahraga. Badan yang sering berolahraga pasti sehat, badan sehat pasti bugar, badan bugar pasti segar, badan segar pasti kuat, kuat nahan kantuk yang berat. :D hehehe.
Setelah panjang lebar nih, yuk mari sekarang kita lanjut pada yang namanya “relasi” atau dalam bahasa sederhanya tuh “hubungan”. Relasi atau hubungan antara cara benar dan cara gila adalah sebagai berikut:

Apabila cara benar sudah tidak mempan dan tidak berhasil, maka lakukannya perpaduan sebagai berikut :

1.      Cara benar 1 dipadukan dengan cara gila 1, 2, 3, 4 , 5.

2.      Cara benar 2 dipadukan dengan cara gila 1, 2, 3, 4 , 5.

3.      Cara benar 3 dipadukan dengan cara gila 1, 2, 3, 4 , 5.

4.      Cara benar 1, 2, 3 gagal, maka gunakanlah cara gila 1, 2, 3, 4 , 5. Hahahaa.

Hahaha, ujung-ujungnya berakhir pada cara gila, soalnya cara benar godaannya terlalu berat, entah inilah entah itulah.

Nah Dreamers, pada akhirnya yang bisa mengatur ngantuk tidaknya tuh diri kita sendiri. Tergantung bagaimana cara kita mengatur agar tidak ngantuk, dan apabila sudah terlanjur ngantuk, tinggal bagaimana caranya kita mengatur agar dalam kondisi ngantuk kita tu masih bisa bermanfaat untuk diri kita sendiri maupun orang lain, seperti contohnya aku ini, hehehe, ngantuk, tapi masih bisa menghasilkan artikel yang kece ini. Hehehehe.

Kata-kata akhir tulisan kali ini adalah :

“Jika ngantuk tak dapat di usir, dan akhirnya pelajaran keluar dari kuping, tapi tetap manfaatkanlah waktu sebaik mungkin, biarlah waktu diisi dengan karya terukir.”

Salam semangat Dreamers.. :D

Love You All… :D

NB: beberapa hal di atas ditulis berdasarkan pengalaman pribadi :D hohoho
Share:

0 komentar:

Posting Komentar