14 Februari 2014

MIRACLES OF WUDHU'


Assalamualaikum Dreamers.. :D


(Yeees, mode alim lagi ON sekarang, :D)


Salam hangat Dreamers, dimanapun kalian berada semoga Allah SWT melindungi dan memberikan kita segenap kebahagiaan yang luar biasa. :D (Waaaaaah, aku bener-bener berwibawa.. :D).


Karena mode alim lagi ON jadi tulisan kali ini juga bakal berbau kealiman.. :D kali ini aku bakal nulis sedikit tentang pengetahuan dalam bidang agama, Agama Islam pastinya. :D HIDUUUP ISLAM \^v^/


Tulisan kali ini tidak begitu berat Dreamers, hanya sedikit tentang Islam, tapi mudah-mudahan dapat bermanfaat banyak buat Dreamers..


Pengetahuan dasar tentang apa yang harus kita lakukan sebelum shalat. Dreamers tahu ‘kan apa yang harus kita lakukan sebelum kita melakukan ibadah shalat? Baik itu shalat wajib maupun shalat sunnah.. :D


Yaaaap…. Betul Dreamers. Berwudhu’. Kita mungkin berpikir berwudhu’ hanyalah sebuah syarat untuk menunaikan ibadah shalat, tapi tahu gak Dreamers? Berwudhu’ itu ternyata bukan hanya bermanfaat sebagai syarat untuk shalat. Berwudhu’ juga punya manfaatnya sendiri Dreamers. Yoook kita tengok langsung Dreamers. :D


MIRACLES OF WUDHU

Marilah kita awali penjelasan kali ini dengan sebuah ayat Allah SWT yang artinya:


Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kai, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dlm perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yg baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. ALLAH tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi DIA hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-NYA bagimu supaya kamu bersyukur.”(QS. Al-Maidah: 6).


Kadang kebanyakan dari kita melakukan suatu hal dengan seadanya atau dengan remeh atau dengn kata lain menyepelekan, contohnya saja berwudhu’ ini. Maksudnya, ya asalkan ambil wudhu’ ya selesai dan langsung aja capcus shalat. Biasanya sih yang melakukan hal demikian dikarenakan mereka belum tahu makna yang sebenarnya dalam melakukan wudhu’. Mereka pasti juga belum tahu manfaat yang terkandung dalam wudhu’. Dan yang paling pasti mereka mungkin juga belum tahu bahwa apabila wudhu’ dikerjakan tidak sempurna, shalatnya pun tidak akan diterima (HR Bukhari No 135 dan Muslim No 224-225).


Hal yang sederhana seperti wudhu’ ini memang kadang dianggap hal yang sepele, padahal bukankah Dreamers tahu kalau semua apa yang diciptakan dan diperintahkan oleh Allah SWT tidak pernah ada yang sia-sia, tidak pernah ada yang tidak bermanfaat. 


Wudhu’ inilah buktinya, Dreamers. Tahu tidak? Seorang ahli kesehatan dunia sampai dengan ikhlas masuk Islam karena menemukan sesuatu yang menakjubkan dari berwudhu’. Dialah Baron Rolf Ehrenfels, namanya dulu sebelum memelum Islam adalah Prof. Leopold Werner von Ehrenfels. Dia adalah seorang psikiater sekaligus neurolog berkebangsaan Austria. Dia meneliti wudhu’ bersama para ahli kesehatan dunia lainnya. Mereka menemukan bahwa berwudhu’ mampu merangsang pusat saraf dalam tubuh manusia, itu karena keselarasan air dengan wudhu’ dan titik-titik saraf, dan dengan begitu dapat menghasilkan kondisi tubuh yang senantiasa sehat.
Prof. Leopold Werner von Ehrenfels alias
Baron Rolf Ehrenfels
 Nah, Dreamers pernah dengar tentang manfaat berwudhu’ sebelum tidur?  Nah ini juga sebagian kecil dari manfaat wudhu’ yang sudah mulai disadari oleh ilmuwan-ilmuwan. Bukankah dokter-dokter atau ahli-ahli kesehatan menyarankan kita untuk membasuh kaki, membasuh tangan, mencuci muka, dan membersihkan mulut sebelum tidur? Dengan melakukan wudhu’ sebelum tidur kita sudah dapat merangkap semua kegiatan yang disarankan itu.


Ada sebuah kutipan dari referensi di internet yang aku dapatkan, begini kutipannya :


Seorang ahli bedah diwajibkan membasuh kedua belah tangan setiap kali melakukan operasi sebagai proses sterilisasi dari kuman. Cara ini baru dikenal abad ke-20,sebagaimana kita tahu jepang membutuhkan 100 tahun untuk membiasakan cuci tangan, kapanye2 cuci tangan juga sedang gencar2nya di media massa, padahal umat Islam sudah membudayakan sejak abad ke-14 yang lalu. Luar Biasa!


Wiiih, Islam keren ya Dreamers.. :D


Secara umum ni Dreamers, Wudhu’ dalam ilmu kesehatan merupakan salah satu metode menjaga kestabilan kulit, melindungi kulit dari infeksi dari kotoran kaki dan berbagai penyakit kulit, menjaga kesehatan tubuh, merilekskan otot-otot yang kaku karena beraktifitas, merilekskan pikiran, mencerahkan kulit wajah, mampu merevitalisasi aliran darah pada pembuluh darah, dan ini tercermin pada kondisi psikologis orang yang beriman sehingga dapat menambah ketentraman dan ketenangan serta menyingkirkan berbagai penyakit emosi  psikologis yang buruk.



Ini ada lagi manfaat wudhu’ yang dijelaskan dalam buku Mukjizat Berwudhu karya Drs. Oan Hasanuddin, R.O, Akp, MA. Dijelaskan bahwa anggota badan yang dibasuh air wudhu memiliki titik akupresure dan akupunktur yang sangat bermanfaat bagi kesehatan seseorang. Titik-titik tersebut merupakan bagian titik pijat dan akupunktur untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Eiiits.. meskipun salah satu fungsinya adalah mencerahkan kulit wajah, tapi jangan dijadikan alasan utama untuk berwudhu’. Hanya karena ingin memiliki wajah cerah terus melakukan wudhu tiap 5 menit sekali, tapi shalatnya lupa, puasanya bolong, Al-quran dikamar cuma jadi pajangan, hemmm ckckckck. Itu tidak boleh dilakukan Dreamers, berwudhu’lah hanya karena Allah dan tunaikan semua perintahnya juga. Itu yang penting Dreamers.


Berikut ini akan aku jelaskan manfaatnya secara spesifik :



Manfaat Berwudhu’ dalam hal berkumur
Membaca niat berwudhu' serta mencuci sela-sela telapak tangan

Berkumur-kumur

Berkumur dapat membersihkan rongga mulut dari penularan penyakit. Berkumur secara benar dan dilakukan lima kali sehari (wudhu’ sebelum shalat wajib) tanpa kita sadari dapat mencegah dari infeksi gigi dan mulut. Penelitian modern membuktikan bahwa berkumur juga dapat menjaga dan membersihkan gigi dengan menghilangkan sisa-sisa makanan yang terdapat di sela-sela gigi setelah makan. Berkumur juga akan menguatkan sebagian otot-otot wajah dan menjaga kesegarannya. Berkumur merupakan latihan penting yang diakui oleh pakar dalam bidang olahraga, karena jika melakukan berkumur dengan menggerakkan otot-otot wajah dengan baik dapat menjadikan jiwa seseorang tenang.

Manfaat Istinsyaq dalam wudhu’
Istinsyaq (menghirup dan mengeluarkan air dari hidung)


Penelitian ilmu modern yang dilakukan oleh tim kedokteran Universitas Aleksandria membuktikan bahwa kebanyakan orang yg berwudhu secara kontinyu, maka hidung mereka bersih dan bebas dari debu, bakteri dan mikroba. Tidak diragukan lagi bahwa lubang hidung merupakan tempat yg rentan dihinggapi mikroba dan virus, tetapi dengan membasuh hidung secara kontinyu den melakukan istinsyaq (memasukan dan mengeluarkan air ke dan dari hidung di saat berwudhu), maka lubang hidung menjadi bersih dan terbebas dari radang dan bakteri, dan ini mencerminkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Proses ini dapat menjaga manusia akan bahaya pemindahan mikroba dari hidung ke anggota tubuh yg lain.

Manfaat wudhu’ ketika Membasuh Wajah, Kedua Telapak Tangan Sampai Sikut, sebagian kepala dan Telinga
Membasuh wajah
Membasuh kedua telapak tangan sampai sikut
Membasuh sebagian kepala

Membasuh kedua telinga

Membasuh wajah, kedua telapak tangan sampai ke siku, sebagian kepala, serta membasuh telinga juga dapat menghilangkan keringat dan permukaan kulit dan membersihkan kulit dari lemak yg dipartisi oleh kelenjar kulit, dan ini biasanya menjadi tempat yg ideal untuk berkembang biaknya bakteri.



Manfaat Membasuh Kedua Telapak Kaki dalam berwudhu’

Membasuh kaki

Orang yang berwudhu seakan-akan memijat seluruh tubuhnya satu-persatu, padahal ia hanya membasuh dan memijat dengan baik kedua telapak kakinya dengan air, mengapa bisa demikian? Itu karena telapak kaki mencerminkan seluruh perangkat tubuh. Ini merupakan salah satu rahasia timbulnya perasaan tenang dan nyaman yang dirasakan oleh seorang muslim yang melakukan ibadah wudhu’ dengan baik dan benar.


Naaah, gimana Dreamers? Masih kurang puas dengan penjelasan di atas? ini ada satu lagi referensi yang aku dapatkan di Guru Besar Prof. Google.com yang membuatku tercengang dan terkagum-kagum tentang ibadah Wudhu’ yang diperintahkan oleh Allah SWT.

Rahasia Jumlah Tulang Manusia dan Ritual Wudhu 

Jumlah tulang manusia dewasa ada 206 ruas (Henry Netter, 1906). Akan tetapi secara embriologis pusat penulangan semasa kehidupan janin dalam kandungan itu ada 350-an pusat penulangan (Leslie Brained Arey, 1934), yang kemudian banyak pusat –pusat penulangan yang menyatu, membentuk tulang dewasa. Bilangan pusat penulangan itu dekat dengan bilangan hari dalam satu tahun. Dalam kajian penulis, didapatkan adanya rahasia matematis tersebut. Ada dua premis (dari hadits dan atsar) :

1.       Apabila kamu ditimpa demam satu hari, kemudian kamu bersabar, kamu akan mendapat pahala seperti ibadah satu tahun (Atsar dari Ali bin Abi Thalib)
2.       Tiap – tiap ruas tulang anak adam itu ada sedekahnya setiap harinya (HR Bukhari Muslim, termasuk Hadits Arbain)

Dari dua premis tersebut dapat dihubungkan, bahwa tubuh ini mengandung sejumlah tulang yang mendekati bilangan hari dalam setahun. Tulang – tulang penyusun anggota wudhu’ jumlahnya tertentu, dikalikan masing – masing dengan jumlah kali (3 kali) pembasuhan pada ritual wudhu’, akan menghasilkan sama dengan bilangan keseluruhan jumlah tulang manusia.

Coba kita perhatikan jumlah tulang penyusun bagian – bagian tubuh yang dibasuh saat wudhu :

a.       Lengan dan tangan : 30 buah
b.      Tungkai dan kaki : 31 buah
c.        Wajah : 12 buah
d.      Rongga mulut dan hidung : 41 buah
e.      Kepala : 12 buah

Bagian tubuh poin a – d dijumlahkan menghasilkan angka 114. Angka tersebut dikalikan 3 oleh karena pembasuhan waktu melakukan wudhu sebanyak 3 kali, menghasilkan angka 342. Poin e tidak dikalikan 3 karena memang hanya dibasuh 1 kali. Angka 342 dijumlahkan dengan 12, didapatkan angka 345, yakni sama dengan jumlah hari dalam 1 tahun hijiriyah, sekaligus sama dengan jumlah seluruh tulang manusia. 

Wudhu dan Aliran Darah Perifer 
Dalam hadits riwayat empat Imam (Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi’i, Imam Ahmad Hambali) diterangkan :

“Sempurnakanlah dalam berwudhu dan gosoklah sela – sela jari kalian...” perintah ini secara medis sangat bermakna. Mengapa sela – sela jari yang disebut?, ternyata di bagian itulah berjalan serabut saraf, arteri, vena, dan pembuluh limfe. Penggosokan daerah sela – sela jari itu sudah barang tentu memperlancar aliran darah perifer (terminal) yang menjamin pasokan makanan dan oksigen. Kita tahu berapa banyak pasien yang mengalami sumbatan aliran darah dan berakibat pembusukan jari – jari. Tidak jarang diantara mereka harus menjalani amputasi.

Selain itu, serabut saraf juga secara langsung distimulasi oleh perbuatan kita menggosok sela – sela jari. Ujung jari sampai telapak tangan adalah bagian yang paling sensitif, karena paling banyak mengandung simpul reseptor saraf. Tiam 1 cm2 kulit di daerah itu, terdapat 120 – 230 ujung saraf peraba. 

Titik – titik penting terdapat di Anggota Wudhu 

Kita dapat memahami bahwa anggota wudhu yang dibasuh adalah bagian – bagian tubuh yang biasanya banyak bersentuhan dengan dunia luar. Bagian – bagian tersebut umumnya tidak tertutup pakaian, abhakan memang menjadi alat kontak tubuh kita dengan lingkungan, sehingga paling banyak mengalami kontaminasi (kotoran), dan oleh karena secara logis paling perlu dibasuh. Inilah aspek higine dalam ritual wudhu.

Disisi lain, daerah ujung lengan (siku ke bawah) dan ujung tungkai (lutut kebawah) terdapat titik – titik penting dalam akupuntur. Seluruh organ bagian dalam memiliki lima buah titik penting apabila dilakukan stimulasi akam memperbaiki fungsinya. Beberapa gangguan fungsi organ juga bisa dinormalkan dengan cara menstimulasi titik – titik penting tersebut.

“berwudhu dan gosoklah sela – sela jari kalian...”

perintah ini secara medis sangat bermakna. Mengapa sela – sela jari yang disebut?, ternyata di bagian itulah berjalan serabut saraf, arteri, vena, dan pembuluh limfe. Penggosokan daerah sela – sela jari itu sudah barang tentu memperlancar aliran darah perifer (terminal) yang menjamin pasokan makanan dan oksigen. Kita tahu berapa banyak pasien yang mengalami sumbatan aliran darah dan berakibat pembusukan jari – jari. Tidak jarang diantara mereka harus menjalani amputasi.

Selain itu, serabut saraf juga secara langsung distimulasi oleh perbuatan kita menggosok sela – sela jari. Ujung jari sampai telapak tangan adalah bagian yang paling sensitif, karena paling banyak mengandung simpul reseptor saraf. Tiam 1 cm2 kulit di daerah itu, terdapat 120 – 230 ujung saraf peraba. 

Ear Acupunture 

Akupuntur telinga berkembang menjadi suatu cabang spesialis kedokteran di China. Menurut ilmu akupuntur telinga adalah representasi dari tubuh manusia. Bentuk telinga serupa dengan bentuk tubuh saat masih berupa janin yang meringkuk dalam rahim ibu. Kepalanya adalah bagian sering dipasan anting. Daerah lubang adalah rongga tubuh tempat tersimpanya organ – organ dalam. Melakukan stimulasi seperti wudhu akan berpengaruh baik terhadap fungsi organ dalam. Adapun lingkaran luar menggambarkan punggung. Pemijatannya juga seakan – akan melakukan stimulasi daerah punggung dan ruas – ruas tulang belakang.
Ilmu Brain Gym juga menjelaskan gerakan pasang telinga. Caranya, telinga digosok – gosok sendiri dengan lembut, hingga timbul warna kemerahan dan dirasakan dengan sensasi yang lebih hangat. Metode ini menambah konsentrasi dan daya serap belajar anak disekolah. Akibatnya prestasi juga meningkat. Sebaiknya anak – anak diajari untuk melakukan ini secara sadar, saat memulai belajar, baik di sekolah maupun dirumah.




Allahuakbar.. Ayo Dreamers takbir bersama-sama… Allahuakbar. Subhanallah, luar biasa, benar-benar luar biasa, bukankah Allah SWT lebih tahu tentang semua apa yang diciptakan-Nya? Hemm, ckckckck, hebat Dreamers, Islam benar-benar hebat. :D


Nah Dreamers, sekarang mari kita bicara tentang wudhu’ sebelum tidur lagi. Dreamers pernah dengar sabda Rasulullah SAW yang isinya begini,


Barang siapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu  akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci.”(HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a)

Waaah, enak ya? Enak banget bisa didoakan malaikat. Siapa sih yang gak mau didoakan malaikat? Pasti mau semua ‘kan Dreamers? Makanya, perbaiki wudhu’ dan lakukan perintah-Nya. :D


Sabda Rasulullah mengenai wudhu ada yang lainnya juga lo Dreamers, seperti di bawah ini :


Barangsiapa berwudhu dengan baik maka akan keluarlah dosa-dosa dari tubuhnya sampai ada yang keluar dari bawah kukunya”. (HR. Muslim)


Maukah kuberitahukan perbuatan yang dinilai Allah dapat menghapus dosa-dosa kalian bahkan akan meninggikan derajat kalian?”. Para sahabat berkata “Ya, wahai Rasulullah.” Rasulullah bersabda lagi, “Menyempurnakan wudhu meskipun dalam kondisi sulit, memperbanyak langkah ke masjid, lalu menunggu datangnya shalat berikutnya setelah mengerjakan shalat sebelumnya. Itulah yang dinamakan ribath (tali pengikat).” (HR. Muslim)


Seorang muslim atau mukmin ketika membasuh wajahnya dalam berwudhu, dosa yang telah dilakukan matanya akan lebur dari wajahnya bersama tetesan air wudhunya. Hingga tetesan air terakhir. Jika ia membasuh kedua tangannya, dosa yang telah dilakukan kedua tangannya akan lebur bersama tetesan air wudhunya, hingga tetesan air yang terakhir. Kemudian jika ia membasuh kedua kakinya, maka setiap dosa yang telah dilakukan oleh kedua kakinya, akan lebur bersama tetesan air wudhunya, hingga tetesan air yang terakhir, sampai akhirnya ia pun bersih dari dosa-dosa.”(Al-Hadist)


Subhanallah.. hebat ya manfaat berwudhu’. Kalau sudah tahu begini, masihkah kita meremehkan ibadah berwudhu’ lagi? Tidak tidak Dreamers. Semua apa yang Allah perintahkan kepada kita adalah sesuatu yang sangat baik untuk diri kita sendiri, dan tak akan pernah merugi bagi kita apabila kita melaksanakan apa yang diperintahkan Allah SWT, karena apa yang diperintahkan oleh-Nya demi kebaikan sendiri.


Dreamers, sebenarnya masih banyak lagi hal tentang wudhu’ yang ingin aku bahas, agar kita sama-sama tahu.. Tapi sepertinya tulisanku kali ini sudah terlalu panjang masih dikali lebar pula, hehehe :D yasudah kalau begitu sekian dulu ya Dreamers.. :D


Wassalamualaikum :D



Bye bye Dreamers.. :D


Tetap Semangaaaaaat… :D









(referensi : http://smkn3pacitan.sch.id/ , http://migtiza.blogspot.com/ , http://kaheel7.com/ , http://www.akhbarislam.com/ )

Share:

4 komentar:

  1. sukron adek sayang... :)
    jazakumullahu khoir buat dreamers wa dek elis

    BalasHapus
  2. mbak elis waktu saya umur 7-8 tahun gimana coba selugu ane dikasih tahu kalo wudhu bisa bikin wajah cerah jadi ane tiap lima belas menit wudhu hingga akhirnya terkuak oleh keluarga kok aer wudhu cepet abis ya akhir akhir ini dan ternyata pelakunya tidak lain adalah saya senidir yang ngabisin puluhan liter aer perhari haha

    fuadianwar.blogspot.com :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu itu terlalu pinter dek, bukan lugu.. :)
      jangan berhenti berwudhu', tetaplah lakukan kebiasaan itu, 15 menit sekali itu baik, kalau udah kehabisan air ya minta tetangga, dan berhentilah kalau kamu udah dimarahin.. hahahahahahaha
      #saran aneh, abaikan.. :|

      Hapus