15 Juni 2014

Asmaul Husna (Nama Baik Allah)


Assalamualaikum Wr. Wb. 

Selamat hari minggu Dreamers :D

Semoga hari ini lebih baik bagi kalian daripada hari kemarin. Amin.

Kenapa milih doa yang itu????
Kenapa?

Dalam sebuah hadist mengatakan :
“Barang siapa yang keadaan amalnya hari ini lebih jelek dari hari kemarin, maka ia terlaknat. Barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia termasuk orang yang merugi. Dan barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka ia termasuk orang yang beruntung.” (HR. Bukhari)

Jadi yok kita amini doa di atas bersama-sama. AMIN. :D

Dreamers, pembahasan tulisanku kali ini adalah mengenai sebuah bahasan yang sangat menarik. :) Tentang nama-nama baik yang di miliki oleh Tuhan kita, Allah SWT. Waaaah, keren yak? Hehehe, akhir-akhir ini aku memang lagi gencar-gencarnya nulis tentang agama. Why??? Wah, nanya terus yak, hehehe, begitulah anak jaman sekarang, selalu penuh pertanyaan, :D hehehehe, sok tua ya bicaranya? Iya tahu, biar kalian tahu kalau aku memang udah tua, tua tapi tampang masih muda. :D Hohohohoho...:D

Oke kita lanjut, Oom Wiki menjelaskan bahwa asmaul husna adalah nama-nama Allah yang indah dan baik. Asma berarti nama dan husna berarti yang baik atau yang indah, jadi asma'ul husna adalah nama nama milik Allah yang baik lagi indah. Subhanallah :)

Menurut penjelasan Oom Wiki nih Dreamers, banyak penafsiran dan makna yang mengalir dari beberapa sumber mengenai nama-nama Allah itu, selain itu ada juga perbedaan dari masalah jumlahnya Dreamers, ada yang berpendapat 99, 100, 200, 1000, bahkan 4000. Waaah, banyak juga ya Dreamers.

Tapi dari semua perbedaan pendapat di atas yang terpenting dan paling penting adalah hakikat Dzat Allah SWT. yang harus kita pahami dan dimengerti oleh kita semua sebagai ummat Nabi Muhammad SAW yang beriman kepada Allah SWT.

Dari banyaknya perbedaan tersebut yang paling kita tahu adalah yang jumlahnya 99, betul tidak?? Nah, karena itulah yok kita sekarang uraikan nama-nama Allah SWT, Tuhan sekalian alam. :)






Subhanallah,
"Allah memiliki Asmaa' ul Husna, maka memohonlah kepada-Nya dengan menyebut nama-nama yang baik itu..." - (QS. Al-A'raaf : 180)

Katakanlah: "Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaa'ul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam salatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu" - (Q.S Al-Israa': 110)

"Dialah Allah, tidak ada Tuhan/Ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, Dia mempunyai asmaa'ul husna (nama-nama yang baik)." - (Q.S. Thaa-Haa : 8)

Semoga dengan sedikit penjelasan di atas dapat bermanfaat buat Dreamers semua. Amin..

Sebelum mengakhiri tulisan ini, aku bakal list link dari beberapa sumber yang aku jadikan referensi tulisanku kali ini :) semoga dengan begini kalian bisa memperdalam lagi ilmu yang aku bagi untuk kalian...

  1. http://rijalridwanulloh.blogspot.com/2013/02/pertanyaan-pertama-imam-ghazali-apakah.html
  2. http://www.risalahislam.com/2013/10/asmaul-husna-daftar-tulisan-dan-arti.html
  3. http://id.wikipedia.org/wiki/Asma%27ul_husna

Terima kasih bagi semua Dreamers yang sudah membaca dan setia nongkrong di blogku, semoga kalian dapat perlindungan dari Allah SWT. di dunia lebih lebih di akhirat nanti. Amin. :)

Oke Dreamers, cukup sekian untuk hari ini, jika ada yang ingin menambah atau mengkritik silahkan isi komentar di bawah :)

Salam Hangat dari Nivi Elsandy.. :D

Wassalamualaiku Wr. Wb.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar