14 Juni 2014

Tahajud? Cara Menghadap Allah di Malam Hari :)

Ada yang lain nih Dreamers dari tulisanku kali ini. :)

Tulisanku kali ini akan ngebahas tentang sesuatu yang spesial. Shalat Tahajud. :D

Kenapa Shalat Tahajud?

Gini Dreamers, ide nulis ini aku dapat waktu malam hari menjelang shalat tahajud. Kok bisa? Ya bisa aja, hehehehe. Waktu aku bangun malam itu, seperti biasa, masih membenarkan punggung yang pontang panting semalaman gara-gara tidur, Menggeliyat-geliyat ke kanan ke kiri, dan baru aku sadari, ada yang kurang.

Malam tahajud di kosan dengan malam tahajud di rumah. Beda sekali, kalau di rumah nih, bangun malam-malam gitu suara kokok ayam saling sahut menyahut di berbagai penjuru, suara dzikir dan shalawat terdengar samar-samar dari corongan-corongan masjid yang sudah terang dengan lampu-lampu yang dinyalakan oleh orang yang bangun untuk menghadap Tuhannya. :D Waaaaah, kata-kataku cerpen banget. :D hohohoho... Katanya nih Dreamers, kalau bunyi kokok ayam di malam hari gitu pertanda ada malaikat. Masih belum percaya? Nih ada sabda Rasulullah SAW. yang menjelaskan tentang hal tersebut.

“Bila engkau mendengar suara ayam jantan maka mintalah karunia kepada Allah karena ia melihat malaikat, sedangkan bila engkau mendengar ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah dari Setan karena dia melihat setan.” (Shahih, diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)

Nah, percayakan? Sabda  Rasulullah SAW ini juga sudah terbukti melalui sebuah penelitian. Dikutip dari sumber yang aku temukan di internet, begini isinya :

Sebuah penelitian mengungkapkan bila keledai itu dapat melihat dengan sinar infra merah, sedangkan setan sendiri berasal dari jin yang diciptakan dari api. Artinya, setan termasuk dalam lingkup infra merah. Karena itulah, keledai dapat melihat setan, tetapi tidak bisa melihat malaikat. Adapun ayam jantan, ia mampu melihat sinar ultraviolet, sedangkan malaikat diciptakan dari cahaya, artinya dari sinar ultraviolet. Karena itulah, malaikat dapat dilihat oleh ayam jantan.

Kalau pengen tahu lebih detilnya tentang masalah kokok ayam ni silahkan langsung berkunjung ke sumber infonya, click di sini.

Naaaaah, lanjut lagi nih ceritanya, kalau di rumah tuh gitu, kerasa banget kesan tahajudnya. Kalau dikosan nih, Boro-boro suara ayam, kadang bacaan-bacaan di masjid baru kedengeran beberapa menit sebelum adzan, kadang yang aneh lagi nih, iqomah subuhnya sering gak kedengaran. Apa aku yang gak denger apa gimana yak??? Hahahaha. Mungkin iqomahnya memang ada, tapi mungkin kabel mixnya banyak banget belitannya, jadi gak nyaring bunyinya. Hahaha. :D Tapi Dreamers tahu gak yang paling jelas kedengeran di kamar waktu malam hari tu, jreeeng jeeeeng, langkah kaki orang, waaaah, horor banget gak tuh?? Ya itu langkah kakiku sendiri yang mondar-mandir di kamar sendirian, hahahahahaha.

Nah sekarang yok kita langsung bahas yang namanya Shalat Tahajud.. :D

SHALAT TAHAJUD


Dan pada sebagian malam hari, sembahyang tahajjudlah kamu sebagaimana ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ketempat yang terpuji (Al-Isra' 17:79)

Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka. (QS Al-Furqan 63-64)

Dreamers yang baik hatinya :D

Oom Wiki juga menjelaskan tentang definisi shalat tahajud. Begini definisinya :

Salat tahajjud adalah salat sunnat yang dikerjakan di malam hari setelah terjaga dari tidur. Salat tahajjud termasuk salat sunnat mu'akad (salat yang dikuatkan oleh syara'). Salat tahajjud dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas.

Dari sumber lain ada lagi nih Dreamers penjelasan tentang shalat tahajud :

Shalat tahajud adalah shalat sunat yang dikerjakan pada malam hari sesudah shalat isya' sampai terbit fajar yang jumlahnya paling sedikit 2 rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas. Shalat diwaktu malam hanya dapat disebut shalat tahajjud apabila dilakukan sesudah bangun dari tidur malam, meskipun tidur itu hanya sebentar. Jadi apabila dikerjakan tanpa tidur sebelumnya, maka ini bukan shalat tahajud tetapi shalat sunnah.

Naaaah, setelah kita bahas tentang definisinya, sekarang yok kita bahas tentang waktu shalat tahajud. Shalat tahajud ini biasanya dilakukan di sepertiga malam, nah mari kita bahas pengertian dari sepertiga malam itu. Dari sumber yang aku dapat dari Mbah Google, begini hasilnya Dreamers :

  1. Sepertiga pertama, yaitu + jam 19.00 sampai dengan jam 22.00 ini adalah saat utama mengerjakan shalat tahajud
  2. Sepertiga kedua, yaitu + jam 22.00 sampai dengan jam 01.00 ini adalah saat lebih utama mengerjakan shalat tahajud
  3. Sepertiga ketiga, yaitu + jam 01.00 sampai dengan masuknya waktu shubuh ini adalah saat paling utama mengerjakan shalat tahajud
 Nah kira-kira begitu penjelasan tentang waktunya Dreamers. Mau dikerjakan di waktu yang mana saja yang penting kita udah shalat isya' dan bangun tidur. :D Begono Dreamers. :D

Biasanya nih, orang-orang kalau udah searching tentang ibadah atau lainnya yang di cari tu biasanya "Manfaat bla bla bla..." seperti contoh querynya begini :


Hahaha, oleh karena itu, aku bakal jabarin sedikit aja tentang manfaatnya. Loh? Kenapa? Kenapa sedikit? Yaaaa karena gak banyak, hohoho, ya itu karena penjelasan di internet udah banyak banget Dreamers, tinggal kalian search sesuka hati kalian. :)

Tapi nih Dreamers, biar ada yang beda dikiiiit dari queri di atas, aku ganti kata "Manfaat" dengan kata "Keutamaan". Kayaknya lebih we o we 'kan? Hehehe. :D

Oke lanjut, menurut beberapa sumber yang aku baca di internet ada beberapa keutamaan shalat tahajud yang dapat aku simpulkan nih :

  1. Orang yang menegakkan qiyamullail akan terpelihara dari gangguan setan, dan bangun di pagi hari dalam keadan segar dan bersih jiwanya.
  2. Mengetahui di malam hari itu ada 1/3 malam terakhir dimana Allah Subhanahu wa Ta ’ala akan mengabulkan doa orang yang berdoa, memberi sesuatu bagi yang memintaa, dan mengampuni yang memohon ampun pada-Nya
  3. Ciri-ciri orang Shaleh dan Menjadikan sebab masuk surga.
  4. Jalan mendapatkan rahmat Allah
  5. Sarana Pengabulan permohonan
  6. Penghapus dosa dan kesalahan
  7. Jalan mendapat tempat yang terpuji.  
Keutamaan di atas aku dapat dari sebuah sumber, di sumber itu malah lebih detil penjelasannya, keutamaannya disertai dengan penjelasan hadist-hadist shahih. Kalau pengen tahu lebih jelas nih click di sini. Di sumber itu juga di jelaskan tentang keutamaan shalat tahajud di akhirat. :D sok langsung tengok di sumber yang aku link-kan di atas itu. :D

Oke Dreamers mungkin begini saja yang dapat aku jelaskan tentang shalat tahajud. Lebih detilnya kalian bisa langsung click beberapa link di bawah ini. Link-link ini merupakan sumber-sumber yang aku jadikan acuan untuk menulis artikel sederhana ini :D

  1. http://forum.kompas.com/sekolah-pendidikan/310545-%5Bsholat-tahajud%5D-doa-niat-tata-cara-bacaan-dan-keutamaannya.html
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Salat_Tahajud
  3. http://bersasi.blogspot.com/2013/04/keajaiban-shalat-tahajud-kaya-bahagia.html
  4. http://www.ristizona.com/2013/03/manfaat-dan-cara-shalat-tahajud.html
  5. http://oryza91.blog.ugm.ac.id/2012/05/12/rahasia-ayam-berkokok/
Semoga bermanfaat ya Dreamers ...:D
Salam hangat dariku.. :D
Share:

2 komentar: