12 Januari 2014

Kuning, Kuning, Kuning, Warna Kuning :D




H, E, double L, O, HELLO…. :D
Hello dreamers, :D
Kali ini tulisanku berjudul “kuning” yang akan membahas segala hal berkaitan dengan kuning. Kebetulan kuning juga warna kesukaanku, jadi penjelasannya akan menjadi lebih seru (hati kecil berbisik : sok asyik, apanya yang seru?) :D
Hehehe…
Agar tidak terlalu tegang, nantinya aku akan lebih memperbanyak emot titik dua dan huruf de besar (kayak ini maksudnya :D ) hehehehe. :D (tu kan ada lagi..)


Baiklah baiklah, karena pastinya sudah banyak yang berpikir “bahas apaan sih ini sebenernya? Kok gak nyampek-nyampek ke intinya?”, NAAAH, sebelum kalian mengeluarkan pikiran itu dalam bentuk kata-kata dan komentar-komentar, mari langsung saja aku mulai penjelasannya.

Dreamer yang baca tulisan ini, ketika ada kata "kuning" kebanyakan pasti langsung mengarahkan pikirannya pada sesuatu yang "ngambang di sungai". Hemmm, benar-benar ironis, kasian banget ya warna kuning. ckckckck :/
Baiklah mari kita selesaikan itu di sini.. :|

Kuning. Menurut sumber yang aku dapat dari mbah Google, kuning adalah sebuah warna (yaeyaalah, nenek-nenek juga tahu kalau kuning itu warna. :D). hehehehe. That’s right (hati kecil berbisik : mulai deh sok inggrisnya).
Kuning ituu… mmmm, (kenapa aku malah ngantuk ya, -_-“
Hehehe, oke lanjut lanjut..

Warna kuning adalah perpaduan antara warna merah dan warna hijau, warna kuning termasuk dalam warna primer berdampingan dengan warna biru dan merah. Dalam penemuan sebelumnya, kuning tidak termasuk warna primer, tetapi setelah dilakukan penelitian-penelitian selanjutnya, disimpulkanlah bahwa warna primer itu adalah warna merah, biru, dan kuning (jangan tanya aku kenapa bisa gitu, soalnya bukan aku yang neliti.. :D hehehe). Kalau pengen tahu lebih lanjut tentang warna primer, silahkan intip ni referensi yang aku dapet dari guru besarku (Hehehe, Mbah Google) ini linknya 
Dalam penjelasan lainnya :
  • · Warna kuning merupakan salah satu dari tiga warna primer subtraktif, bersama dengan magenta dan cyan. Sistem warna CMYK dalam cetak warna memakai empat warna tinta, salah satunya adalah kuning. Proses cetak CMYK ditemukan sekitar taun 1890, ketika surat kabar pada waktu itu mulai menerbitkan komik strip berwarna.
  • · Warna kuning adalah warna cahaya yang memberi rangsangan pada sel kerucut (cone cells) merah dan hijau pada retina mata manusia, tapi tidak pada sel kerucut biru. Panjang gelombangnya antara 565-590 nm. 
Wiiiih, keren banget aku yak, hehehe penjelasannya scientist banget.. :D hehehehe, setelah heboh dengan penjelasan yang berbau keilmuan pasti, mari kita bahas sedikit tentang warna kuning menurut pandangan psikologinya.. :D pasti banyak yang suka ni kalau udah bahas kayak ginian.
Dari sisi psikologi keberadaan warna kuning dapat merangsang aktivitas pikiran dan mental. Warna kuning sangat baik digunakan untuk membantu penalaran secara logis dan analitis. Warna kuning memberi arti kehangatan dan rasa bahagia dan seolah ingin menimbulkan hasrat untuk bermain.

Dengan kata lain warna ini juga mengandung makna optimis, semangat, perdamaian, dan ceria. Selain itu kuning merupakan warna yang dapat meningkatkan konsentrasi serta dapat menurunkan emosi. 
Karena kuning identic dengan suasana yang ceria dan hangat, sebagian besar orang memilih warna kuning untuk mengecat kamar atau rumahnya agar lebih terlihat cerah dan hidup. Tetapi Warna kuning juga dapat membuat mata lebih cepat lelah akibat cahaya yang dipancarkannya. Kuning dapat membuat bayi menjadi menangis, jadi jangan mencat kamar bayi dengan menggunakan warna kuning (nah yang ini aku juga baru tahu, baru dapet waktu browsing, masih belum nyoba langsung, entar deh aku coba kalau lagi ada ponakanku yang masih bayi main ke rumah, tak takut-takutin pakek warna kuning, ini demi membuktikan kalimat tersebut benar atau tidak. :D hahahaha #PeaceOomTante).
Sekarang kita bahas bagaimana sebenernya orang yang suka warna kuning, kayak aku ini.. :D
Individu penyuka warna kuning cenderung lebih bijaksana (hehehehe, aku bijaksana. :D) dan cerdas dari sisi akademis (wiiiiih, aku banget, #ngarep :D), mereka lebih kreatif dan pandai menciptakan ide yang original (Ini ni aku aku aku bangeeeet, hahaha #lebay -_-“).
Selain membaik-baikkan arti warna kuning, aku juga mau jelasin tentang sisi negatif yang di miliki si kuning ini. Sisi negatif pecinta kuning adalah, mereka orang yang mudah cemas, gelisah dan sering dikuasai ketakutan, terlebih dalam menghadapi orang yang juga sedang merasa tertekan ataupun stress mereka cenderung menjadi terlalu kritis dan menghakimi.

Nah, setelah kita membahas sedikit tentang warna kuning berdasarkan keilmuan pasti (Eh, bener gak ya? Hehe :D) dan berdasarkan psikologi, sekarang kita sudah sedikit paham tentang warna kuning, ‘kan?? :D

Jadi, bagi dreamer yang sudah baca tulisan ini sudah bisa ngubah pikirannya dong, kalau udah denger nama kuning, atau ngeliat warna kuning, maka yang terlintas dipikiran bukan lagi yang “ngambang di sungai”, tapi langsung berpikir secara cerdas bahwa kuning adalah warna yang…… warna yaaang… yang apa dreamer? Hehehehe, yang baguslah, bagus makna dan bagus pandangannya. :D
Meskipun tulisan agak sedikit seliweran, maklumkan saja, :D (Maklumkan saja, bukan cuma tulisan, tapi orangnya juga seliweran) semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk para dreamer sekalian.. :D
Love You All… :D

Share:

5 komentar:

  1. kalo warna pink gimana? hehehehe :D (ikutan nulis titik dua dan huruf de besar)

    BalasHapus
    Balasan
    1. :/ mmmm, kalau pink gak tau juga ya, hehehe, aku gak begitu suka warna itu soalnya.. :D hohohoho.
      entar deh aku usaha buat tulisan judulnya "pink" khusus mbak tika.. :D
      #ya ampuuun, aku baik banget.. :D

      Hapus